Trigeminal Neuralgia

Trigeminal neuralgia adalah suatu jenis kelainan dimana ditandai dengan adanya nyeri wajah di satu sisi, nyeri tajam dan hilang timbul kadang sampai menggangu aktifitas. Karena lokasi nyeri sering di sekitar mulut dan pipi, kelainan in banyak dikaitkan dengan masalah di gigi maupun di sinus. Padahal sebenarnya nyeri berasal dari saraf yang teriritasi atau tertekan.

Saraf trigeminal atau saraf ke V adalah saraf yang berhubungan dengan kelainan ini. Secara normal saraf trigeminal ini mensarafi area wajah, gusi, mulut maupun hidung. Sehingga bila saraf ini mengalami iritasi maka area diatas yang terkena efeknya berupa rasa tebal sampai nyeri berat. Gejala khas lainnya biasanya nyeri timbul setelah diprovokasi, misalnya setelah wajah disentuh, saat sikat gigi, mengunyah, terkena angin bahkan saat memakai make up di wajah.

Saraf trigeminal ini mempunyai 3 cabang di wajah :
1. Cabang ophtalmik ( area wajah)
2. Cabang maksilaris ( area rahang atas)
3. Cabang mandibularis (area rahang bawah)

Tergantung cabang yang terkena maka tempat nyeri juga sesuai dengan area wajah tertentu.

Trigeminal Neuralgia bisa terjadi pada semua umur, tetapi yang tersering pada usia diatas 50 tahun. Nyeri akibat trigeminal neuralgia ini biasanya semakin lama semakin memberat, walaupun sudah meminum obat secara teratur dan dosis sudah maksimal. Hal ini yang sering menggangu penderita, bahkan kadang obat yang diminum sudah menimbulkan efek samping.

Ada beberapa penyebab Trigeminal Neuralgia, yang paling sering adalah akibat penekanan oleh pembuluh darah di sekitar saraf trigeminal (sekitar 90 %). Penyebab lainnya adalah tumor dan penyakit multiple sclerosis.

Penanganan awal kasus trigeminal neuralgia adalah dengan obat-obat penghilang nyeri, pada sebagian besar kasus cukup efektif menghilanhkan gejala. Tetapi penggunaan obat-obatan ini harus dimonitor, karena penggunaan secara lama dan dosis yang tinggi dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Penanganan lainnya adalah dengan tindakan operasi Microvascular Decompression, suatu prosedur operasi untuk menghilangkan tekanan pembuluh darah pada saraf trigeminal. Prosedur ini cukup efektif dan angka keberhasilannya cukup tinggi ( diatas 95%). Penanganan operatif kasus trigeminal neuralgia diindikasikan pada kasus dengan nyeri berat yang tidak membaik dengan obat-obatan. Selain itu juga bila pemakaian obat sudah menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan kesehatan secara umum.

Pemilihan jenis penanganan sangat individual dan berbeda dari kasus satu dengan yang lainnya. Sebelum menjalani terapi sebaiknya berkonsultasi dengan spesialis saraf dan spesialis bedah saraf yang terkait. Trigeminal Neuralgia bisa disembuhkan dengan terapi yang tepat dan aman.

Apa kata mereka?

Testimoni pasien Functional Neurosurgery Center

Trigeminal Neuralgia Semarang

Diskusi

komentar

1
*Appointment dokter Brain and Spine Center Mitra Keluarga Surabaya
Nama: ...
Alamat: ...
No. Telp yang bisa dihubungi: ...
Powered by