Glioma

Glioma adalah jenis tumor primer otak paling banyak. Tumor ini bisa terjadi pada segala usia dan mengenai otak maupun sumsum tulang belakang. Terdapat tiga jenis glioma : astrositoma, oligodendroglioma dan ependimoma. Berdasarkan jenis keganasan sel tumornya, astrositoma dibedakan menjadi low grade sampai high grade. Jenis paling ganas adalah glioblastome multiforme yang biasanya tumbuh sangat cepat, sangat invasif dan prognosisnya kurang baik. Untuk tumor jenis low grade (grade 1, grade 2 dan pilositik astrositoma) biasanya tumbuhnya lambat dan prognosisnya lebih baik.

Gejala klinis tumor ini sangat bervariasi, diantaranya nyeri kepala, kejang, kelemahan anggota gerak, perubahan sifat sampai kesadaran menurun. Diagnosis ditegakkan berdasarkan MRI kepala dengan atau tanpa kontras dan bila perlu dengan MR spektroskopi. Tetapi diagnosis pasti tetap harus ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan patologi spesimen yang diambil saat pembedahan atau biopsi.

Karena tumor jenis ini tumbuhnya infiltratif dan batasnya tidak tegas maka operasi biasanya tidak bisa mengangkat tumor secara total. Sehingga selain modalitas pembedahan, radioterapi dan kemoterapi sering digunakan paska operasi untuk menghancurkan sisa tumor yang tidak terambil. Di rumah sakit Mitra Keluarga, standar penanganan jenis tumor ganas seperti gliobastome multiforme adalah operasi debulking tumor, radioterapi dan temozolamide kemoterapi. Selain itu bisa dipertimbangkan penanaman obat kemoterapi di otak saat operasi, sehingga efek obat kemoterapi bisa bersifat lokal di otak dan tidak ada efek samping secara sistemik.

Video Operasi Teknik Lubang Kunci untuk Penanganan Tumor

Apa kata mereka?

Testimoni pasien Brain Tumor Center

  • Sekiranya Prof Hafid akan lebih banyak menjadi penolong bagi banyak orang.
    Meningioma Makassar
  • Dokter Prof. Hafid adalah dokter dokter yang simpatik, tidak membuat pasien takut. Saya bersyukur bisa mendapatkan dokter seperti beliau..
    CPA Tumor Surabaya
  • Alhamdulillah!terimakasih kepada Prof.Abdul Hafid. Penglihatan kembali normal,yg sebelumnya mata sebelah kiri kabur&nyeri.Mengira operasi dilakukan lewat kepala,ternyata lewat mulut&hidung!
    Adenoma Hipofise Tulungagung

Diskusi

komentar

1
*Appointment dokter Brain and Spine Center Mitra Keluarga Surabaya
Nama: ...
Alamat: ...
No. Telp yang bisa dihubungi: ...
Powered by