Cavernous Malformations (Cavernoma)

Cavernous Malformation disebut juga Cevernous Angioma yang lebih dikenal dengan nama cavernoma.

 

Cavernoma adalah kelainan pembuluh darah otak berupa kumpulan pembuluh darah kapiler dan vena yang melebar dan membentuk cavernoma. Lapisan endotel pada pembuluh darah ini sangat lunak, sehingga mudah pecah dan menyebabkan perdarahan di otak dan kejang atau deficit neurologis fokal.

Operasi bedah mikro pengangkatan tumor pembuluh darah ini adalah satu-satunya cara pengobatan. Kelainan ini tidak radiosensitif, artinya cavernoma tidak bisa disinar dan tidak bisa dilakukan tindakan endovaskuler. Operasi pengangkatan cavernoma bersifat kuratif dan tekniknya bergantung pada keadaan pasien sebelum operasi, berdasarkan anatomi, letak, dan gejala yang ditimbulkan.

Cavernous Malformation terutama yang terletak pada permukaan otak, bisa diangkat secara aman dengan operasi. Kelainan ini dapat dipisahkan dari otak dan diangkat tanpa mengganggu jaringan otak normal karena biasanya batasnya jelas dan bila pernah pecah, akan ada batas darah yang mengelilingi lesi (hemosiderinrim). Bahkan cavernoma pada batang otak juga dapat diangkat dengan aman tanpa menimbulkan kelainan saraf lainnya (deficit neurologis).

Tim Bedah Saraf serebrovaskuler di BSC Mitra Keluarga memberikan solusi kesembuhan yang sudah teruji dan terjamin dalam penanganan kasus-kasus sulit Cavernous Malformation, terutama yang letaknya dalam dan beresiko tinggi. Didukung dengan teknologi yang canggih, pengalaman para dokter yang sudah acap kali menangani kelainan ini, cavernoma bisa disembuhkan secara tuntas.

 

Gejala-gejala Cavernoma

Umumnya pasien mengalami kejang. Hingga mereka menyangka itu disebabkan oleh epilepsi. Oleh karena itu, banyak dokter umum yang tidak terlalu sering berinteraksi dengan cavernoma sering salah diagnosa sebagai kelainan yang lainnya.

Selain kejang, pasien biasanya merasakan nyeri kepala yang kronis. Terkadang pandangan berkurang, keseimbangan tubuh menurun. Hal tersebut tergantung pada letak dan ukuran cavernoma di otak.

 

Penanganan Cavernoma

Biasanya pasien yang telah mengerti bahwa ia penderita Cavernoma telah menjalani foto MRI. Untuk penunjangnya, lebih baik dilakukan DSA (Digital Subtraction Angiography) untuk mengetahui potensi perdarahan pada cavernoma.

Untuk kasus cavernoma, umumnya dokter bedah saraf akan menganjurkan melakukan operasi pengangkatan tumor. Namun jika hasil MRI menunjukkan hasil bahwa cavernoma berada di titik yang sangat sulit untuk diambil (contoh: Basal Ganglia), dokter akan merekomendasikan lainnya. Hanya akan dilakukan operasi pengangkatan jika kondisi sangat diharuskan untuk segera dilakukan operasi.

Ketika hal tersebut terjadi, pasien akan diberikan obat pereda nyeri kepala dan obat-obatan anti kejang, berdasarkan hasil pemeriksaan dan resep dokter.

 

Paska Operasi Cavernoma

Setelah menjalani operasi, pasien akan disarankan mengonsumsi obat anti kejang yang lambat laut dikurangi kadarnya. Pasien akan menginap di RS selama dua hingga tujuh hari. Bergantung terhadap kondisi kesehatan pasien.

Apa itu Cavernoma?

Video Operasi Pengangkatan Cavernoma

Apa kata mereka?

Testimoni pasien Vascular Neurosurgery Center

Cavernoma Samarinda

  Setelah beberapa kali dalam setahun mengalami kejang, hingga masuk IGD namun tidak mendapatkan penjelasan yang memuaskan, anak dari Bapa [...]

Cavernoma Surabaya

Holcim Tuban

  We are very happy to write a few words about dr. Asra Al Fauzi, the neurosurgeon who gave my son Sunil Sreedhar a timely help. Which has m [...]

  • Mengucapkan banyak terimakasih tiada batas kepada Dr. Asra , karena lewat Dr. Asra Allah memberikan pertolongannya. Mudah-mudahan terus dikasih kesembuhan. (Sidoarjo)
    Aneurisma Sidoarjo
  • Saya tidak menyangka anak saya Kristiadi yang tadinya koma dan stroke , sekarang sembuh seperti sedia kala
    Aneurisma Berau - Kalimantan
  • Terimakasih bagimu karena seluruh kemampuan dan dedikasimu telah menyelamatkan nyawa saya.
    AVM Flores
  • Terimakasih pada Dr. Asra bersama tim yang telah melaksanakan operasi pada saya sehingga nyeri di bagian wajah sebelah kiri bisa teratasi. Salam dari kami sekeluarga (Tuhan Memberkati.. !)
    Aneurisma Papua
  • Thanks  for  my Best Doctors (Dr. Asra, Dr. J. Nugroho, Dr. Iskandar , Dr. Rikimin) and all crews Nurses and Theraphysts . Thanks for Alfan&Friends .You are My Supporter in My Life.. !
    Cavernoma Bogor
  • Saya tidak menyangka kalau saya terkena stroke, setelah dioperasi kondisi saya jauh lebih baik , lengan saya sudah bisa digerakkan!
    AVM Surabaya
  • Terimkasih , dr. Asra saya sekarang sudah tidak ada keluhan
    AVM Rembang - Jawa Tengah
  • Terimakasih Dr. Asra, papa kembali sehat!
    Cavernoma Jember - Jawa Timur

Diskusi

komentar

1
*Appointment dokter Brain and Spine Center Mitra Keluarga Surabaya
Nama: ...
Alamat: ...
No. Telp yang bisa dihubungi: ...
Powered by